Pemprov Kucurkan Rp 2,4 M Untuk Pembangunan USB SMKN 1 Leuwimunding

http://www.gragepolitan.com/pemprov-kucurkan-rp-24-m-untuk-pembangunan-usb-smkn-1-leuwi-munding/

MAJALENGKA, (Grapol) –Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Leuwi Munding Kab Majalengka menjadi salah satu penerima bantuan pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) tahun 2017. Nilai bantuan Rp 2.404.182,000 yang bersumber dari APBN 2017 dengan pelaksanaan pembanangunan secara swakelola.
Kepala SMKN 1 Leuwimunding, H Tatang, menyebutkan, selama ini angka partisipasi pendidikan untuk sekolah menengah diakuinya masih belum memuaskan. Selain itu pemerataan pendidikan didaerah menjadi pertimbangannya sehingga mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) memacu pengembangan pembangunan USB SMK.
“Salah satu tujuannya untuk meningkatkan  jumlah kursi sekolah atau daya tampung peserta didik. Di mana dengan terwujudnya dukungan, perhatian dan kerjasama yang baik dari pemerintah Kab Majalengka serta Dinas Pendidikan Jabar sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing pihak, diharapkan realisasi pembangunan USB berjalan sesuai juklak dan juknisnya. Sehingga masyarakat khususnya peserta didik akan mendapat manfaatnya,” paparnya, Rabu (8/11/2017).
Ia menyebutkan, tujuan pembangunan USB di SMKN 1 Leuwimunding, mendukung program peningkatan akses, ketersediaan, jeterjangkauan, dan pemerataan kesempatan belajar di SMK. Disamping itu untuk mendukung pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana (sarpras) pendidikan yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SMK .
Sementara itu, Wakasek Bidang Sarpras SMKN 1 Leuwimunding,  Enceng Sukandar, mengatakan, untukt menjadi SMK yang mampu menghasilkan calon tenaga kerja sebagaimana diharapkan, dalam penyelenggaraan pendidikan salah satunya yakni sarpras yang memadai dalam jenis dan jumlah sesuai dengan tuntutan kompetensi dan kurikulum.
“Dengan telah diterimanya bantuan pembangunan USB ini, sarpras SMK kami jadi lebih representatif dan dapat menampung sejumlah siswa yang ada yakni 600 siswa,” tuturnya.
Pihaknya merasa senang dan sangat berterimakasi kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan pembangunan USB di SMKN 1 Leuwimunding.(Nano/Grapol)