SMK Negeri 1 Leuwimunding Perlu Relokasi

MAJALENGKA, CA – Sekolah yang letaknya berada tepat di depan Kantor Kecamatan Leuwimunding ini sudah berjalan selama 4 tahun. Dari tahun ke tahun jumlah siswanya bertambah pesat. Hingga saat ini sudah berjumlah 532 siswa yang terbagi ke dalam 4 jurusan, yaitu TKR (Tekhnik Kendaraan Ringan), PKJ, RPL dan Akuntansi.
Sekolah ini satu-satunya sekolah menengah kejuruan yang ada di UPTD Pendidikan Kecamatan Leuwimunding. Namun lokasinya masih berdiri di lahan bengkok milik desa setempat yaitu desa Leuwimunding. Dan bangunan ini adalah bekas SMPN 1 Leuwimunding dulu sebelum direlokasi ke sebelah utara. Maka untuk status kepemilikan sekolah dan untuk mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar, benar-benar diperlukan relokasi atau pindah lokasi. Seperti yang dituturkan H. TATANG S.Ag, MM, selaku kepala sekolah kepada CA.
“Sekolah ini sudah berjalan selama 4 tahun. Memiliki 532 siswa yang terbagi ke dalam 4 jurusan. Namun sekolah ini masih berdiri di atas lahan bengkok milik desa Leuwimunding. Yang dulunya bangunan ini adalah bekas SMPN 1 Leuwimunding, sebelum direlokasi ke sebelah utara”. Ungkapnya.(08/02)
“Dengan setatus kepemilikan lahan seperti ini dan luas segini, kami pihak sekolah hanya bisa menggunakan dan memanfaatkan bangunan seadanya. Dan ini memang jelas-jelas kurang dari jumlah ruang bangunan yang kami butuhkan”. Tambahnya.
Memang kondisinya sungguh mengkhawatirkan, disamping bangunannya yang sudah berumur. Juga jumlahnya yang sudah tidak sesuai lagi dengan kapasitas yang dibutuhkan. Ruang guru yang masih berdesak-desakan, ruang tata usaha yang kurang layak, bengkel praktek dan ruang laboratorium yang masih jauh dari harapan. Menjadikan satu kesimpulan bahwa sekolah ini sudah saatnya mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk dilakukan relokasi.
“Usia bangunan yang sudah tua, serta lahan yang sempit dan kurangnya jumlah ruangan seperti yang kita lihat. Kami pihak sekolah sangat mengharapkan perhatian yang serius dari pemerintah untuk secepatnya melakukan relokasi”. H. TATANG S.Ag, M.M, berharap penuh.
Semoga lewat pemberitaan ini, semua harapan dapat tersampaikan. Dan semoga secepatnya terealisasikan. Demi keberhasilan pendidikan.
(CA Andri).